welcome !!!

welcome..welcome..
selamat datang di me' blog..
maaf ya klo blog nya masih sangat sederhana soalnya belum pinter buat blog yg keren...hahahaha
just take a look a while..
thx.. see ya..


Jumat, 02 November 2007

tugas e-tech 2

E-business adalah bisnis yang segala aktivitasnya dilaksanakan di atas infrastruktur sistem informasi, khususnya Internet. Mulai dari pemasaran, order, penagihan dan tracking pengiriman barang, semuanya dilaksanakan secara online. Yang tidak bisa online hanya proses produksi barang-barang fisik dan teknis pengirimannya. Apabila bisnis kita adalah jasa informasi, maka praktis semua proses berjalan secara elektronis. E-business disebut juga sebagai " Dot Com Company ". Sebab memang e-business akan tampil di Internet sebagai sebuah situs Web. E-business tampaknya akan menjadi model bisnis masa depan yang ideal. Dan maraknya e-business merupakan peringatan bagi para pebisnis bidang properti perkantoran. Sebab e-business tidak memerlukan ruang kantor formal.


Saat ini dunia perdagangan tidak lagi dibatasi dengan ruang dan waktu. Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan instant sesuai dengan permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kini muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk menghubungkan antara produsen dan konsumen. Transaksi melalui internet ini lebih dikenal dengan nama e-business.

Kelebihan dari menjalankan bisnis melalui internet, antara lain :
a.menjangkau pangsa pasar yang tidak terbatas. Dengan memasarkan melalui internet, anda dapat memasarkan bisnis anda ke seluruh penjuru dunia. Tentunya hal ini pun dibatasi dengan kemampuan anda mengirimkan produk/jasa yang anda tawarkan, kecuali anda menjual produk yang tidak berupa barang, misalnya e-book, scrip-scrip, program, dll. Yang pasti, jika anda mau, anda dapat mendapatkan klien dari seluruh dunia.
b.biaya promosi murah. Banyak tempat di internet yang memungkinkan anda untuk melakukan promosi dengan anggaran yang sangat minim malah gratis. Hal ini disebabkan semakin banyaknya penyedia iklan online yang gratisan. Termasuk jika anda bisa bertukar banner atau bertukar link di beberapa situs.
c.modal yang lebih kecil. Salah satu kelebihan bisnis secara online melalui internet, anda tidak perlu memiliki toko seperti bisnis pada umumnya. Sehingga bisa dikatakan tidak ada biaya sewa/kontrak untuk ruangan. Pelaku bisnis internet biasanya melalukan follow up penjualan melalui email, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan ongkos tranportasi mengunjungi calon klien anda. Kalaupun ada, mungkin hanya biaya pengiriman saja, jika anda berbisnis berupa barang nyata. Malah dengan system yang diautomatiskan dan anda hanya jualan berupa produk digital misalnya e-book atau software, si pembeli bisa langsung bertransaksi dan memperoleh barang pesanan setelah membayar.
d.system yang bekerja 24 jam sehari 7 hari seminggu. Dengan memiliki system website dan autoresponder, itu sama saja dengan memiliki toko yang buka 24 jam sehari yang tersedia setiap waktu untuk dikunjungi calon klien. Ini juga berarti anda tidak perlu membayar banyak karyawan untuk memantau bisnis anda. Yang perlu dilakukan hanya memonitornya sekali-kali dalam sehari. Kecuali jika terjadi sesuatu dengan server webhosting anda, atau gangguan koneksi internet.

Dampak positif e-business :
1. revenue stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di system transaksi tradisional.
2. dapat meningkatkan pangsa pasar.
3. menurunkan biaya operasional
4. melebarkan jangkauan
5. meningkatkan customer loyality
6. meningkatkan supplier management
7. memperpendek waktu produksi
8. meningkatkan mata rantai pendapatan

Dampak negative e-business :
a.kehilangan sefi financial secara langsung karena kecurangan. Misalnya saja seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data financial yang ada.
b.pencurian informasi yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
c.kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik yang tiba-tiba padam.
d.penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah system perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
e.kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
f.kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.

Tidak ada komentar: